MI.TH Pondok Ramadhan 1433 H


Meriahnya Oprak Sahur oleh Siswa MI.TH di Desa Selorejo

Ahad, 5 Agustus 2012 bertepatan dengan tanggal malam 17 Ramadhan 1433 H menjadi momen yang mengesankan di MI Tanwirul Hija (MI.TH) Selorejo, karena pada malam itu para siswa MI.TH mengadakan peringatan Nuzulul Qur’an dengan bermukim Ramadhan di lingkungan madrasah. Mereka ditemani para dewan guru dan juga para siswa-siswi MA Islamiyah Tulungagung yang sedang melakukan PPL di MI.TH Selorejo.
Kegiatan dimulai sejak sore hari, para siswa yang mulai berdatangan langsung membersihkan dan menyiapkan tempat mukim dibantu oleh dewan guru dan siswa dari MA Islamiyah Tulungagung. Tempat yang menggunakan ruang kelas VI.A dan VI.B ini yang nantinya akan mereka tempati untuk melakukan kegiatan dan istirahat.
Menjelang adzan Magribh sebagai tanda berbuka puasa, para siswa berkumpul di halaman kelas dan menyiapkan bekal buka puasa yang telah disediakan dari rumah. Allaahuakbar…. Allaahuakbar….!!! Ketika suara adzan Maghrib sudah terdengar para siswa langsung berdo’a buka puasa dan menikmati bekal buka yang mereka bawa dengan nuansa kebersamaan nan ceria.
Setelah acara buka puasa selesai, tak lama kemudian semua siswa langsung mengambil air wudlu dan bersiap untuk melaksanakan sholat Maghrib berjama’ah. Karena jumlah siswa yang cukup banyak akhirnya jama’ah sholat dibagi menjadi dua, siswa laki-laki sholat di mushola dan siswa perempuan berada di ruang kelas yang telah disesuaikan. 
Ngrungokne dawuhe Pak Fuad
Selasai sholat Maghrib berjama’ah para siswa khidmat mendengarkan tausiyah yang disamapaikan oleh Bapak Guru sebagai tambahan wawasan keislaman agar kelak mereka menjadi individu yang insya’Allah termasuk golongan yang yufaqqihullaahu fid_diin (dipahamkan oleh Allah akan pengetahuan agama) sebagai tanda mereka adalah orang-orang yang bertaqwa kepada Allah dan Rasul-Nya. Amin!
Selanjutnya acara langsung dilanjutkan dengan sholat Isya’ dan tarawih berjama’ah dan setelah itu diadakan khotmil Qur’an berjama’ah dengan dipandu oleh Bapak-Ibu Guru dan kakak-kakak dari MA Islamiyah Tulungagung. Akhirnya malam sudah mulai larut dan kegiatan khatamanpun selesai dilakukan, para siswa istirahat dengan bermain sejenak dan membeli jajanan yang ada di sekitar madrasah dan setelah itu mereka beristirahat tidur ditempat yang telah disediakan.
Pada dinihari waktu sahur, mereka bangun dan langsung qiyamul lail dengan mendirikan sholat sunnah. Setelah itu mereka berkumpul di halaman madrasah dengan penuh keceriaan karena ini adalah saatnya mereka akan melakukan oprak sahur bersama untuk membangunkan warga desa agar jangan sampai telat makan sahur.
Sahur…… Sahur……! Suara para siswa untuk membangunkan para warga dengan iringan musik yang ala kadarnya sebatas kemampuan yang mereka bisa dengan alat seadanya yang telah mereka siapkan. Mereka berjalan sambil bermain musik dan sedikit “berteriak” berkeliling di jalanan desa sekaligus menjadi hiburan tersendiri bagi warga sekitar.

Selesai beroprak ria, saatnya menyantap menu sahur dengan menu seadanya tapi terasa nikmat dengan nuansa kebersamaan yang ceria. Akhirnya acara ditutup setelah sholat shubuh berjama’ah dan siswa mulai merapikan barang bawaan masing-masing dan kembali bekerja bhakti membersihkan lingkungan madrasah sebelum ditinggalkan pulang.

Rangkain acarapun selesai dan para siswa pulang kerumah masing-masing. Good luck students, let’s keep on studying and see you next event. Bye…!


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.